Menuju Resolusi: Peningkatan Kerja Sama Indonesia dan Korea Selatan

Admin,
22 Januari 2022 - 0:51

Hubungan kerja sama bilateral antar Indonesia dan Korea Selatan mendapat respon hangat dari dua belah pihak. Hal ini bisa dilihat dari ragam pertemuan yang dilakukan Presiden Jokowi Dodo beserta Presiden Moon Jae In. Seperti yang sudah diketahui bahwa eksistensi Korea Selatan memang luar biasa. Apalagi pamor Negeri Gingseng tersebut kian melejit dengan peran industri kreatif yang terus melebar ke berbagai dunia, termasuk Indonesia.

Duta Besar Republik Korea Selatan Kim Chang Geom sendiri mengungkapkan bahwa tahun ini (2020) akan menjadi kerja sama strategis 2.0 antara Indonesia dan Korea Selatan. Seperti yang dikuitp dari Liputan6.com Kim Chang Geom mengungkapkan 3 aspek kerja sama. Pertama, mendirikan pusat hubungan di Bali. Mengingat turis Korea sering mengunjunginya. Kedua, peningkatan SDM melalui dunia pendidikan. Ketiga, hubungan kerja sama ekonomi.

Kelanjutan dari kerja sama tersebut diharapkan mampu memberi impact yang segera dirasakan oleh kedua belah pihak. Kesepakatan ini berlangsung dengan penanda tanganan memorendum Comprehensive Economic Partnership Agreement.

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp